Rabu, 12 Februari 2014

Kesulitan Tersembunyi Dibalik Game "Flappy Bird"


Flappy Bird adalah game fenomenal di Android dan iOS. Hal tersebut membuat game ini menempati peringkat pertama game terpopuler sejauh 2014 ini. Secara sekilas, game Flappy Bird memang terlihat sederhana. Tak ada keistimewaan dalam hal grafik, fitur, maupun sound. Namun, dengan permainan menyentuh si burung Flappy untuk menghindari hadangan pipa-pipa ini mampu menyihir pemainnya untuk terus mencoba memecahkan Best Score yang mereka buat.


Namun Don Nguyeng, sang pembuat game "Flappy Bird", beberapa waktu lalu membuat sebuah keputusan yang sangat mengejutkan. Di tengah sukses besar yang diraihnya, pemuda berumur 29 tahun ini memutuskan untuk menarik Flappy Bird dari peredaran.

Sebenarnya game ini memang cukup mudah untuk dimainkan, namun ada saja faktor-faktor yang menyebabkan para pemain sangat kesulitan memainkan game ini. Game yang seharusnya mudah ini tidak diimbangi dengan fasilitas didalamnya, hal tersebut menjadi faktor kesulitan dalam memainkan game ini. Mari kita bahas satu per satu beberapa kesulitan tersembunyi dibalik game ini.





  1. Sederhana
    Setelah menginstall dan membuka Flappy Bird pemain langsung dihadapkan pada tampilan yang sangat sederhana.Namun kesederhanaan diawal antarmuka dengan pemain ini menjadi kesulitan tersendiri. Tampilan yang sederhana membuat pemain sedikit "meremehkan" Flappy Bird, dan menganggap game ini semudah yang dipikirkannya. Memang ada istilah "Don't judge the book just from cover", namun kenyataannya istilah tersebut tidak digubris oleh kebanyakan orang, sehingga saat pemain Flappy Bird akan bermain yang ada hanya istilah "judge the game just from interface".
  2. Saat Start

    Saat akan memulai Flappy Bird pemain mendapatkan instruksi bagaimana cara memainkan game ini. Terlihat pada gambar cara yang ditunjukkan hanya dengan menyentuh layar dari smartphone anda, maka burung flappy akan bergerak melompat keatas. Hal ini menyebabkan seorang pemain akan semakin meremehkan game ini. Lagi-lagi "judge the game just from interface".
  3. Its time to enjoy this game!
    Oke, sekarang mari kita mainkan game ini. Caranya memang sangat mudah, yaitu hanya dengan menyentuh layar smartphone anda, maka burung flappy akan sedikit melompat keatas. Lalu dengan mengarahkan burung tersebut melewati pipa-pipa maka kita akan meraih skor 1 untuk setiap celah pipa yang telah dilewati. Ya, sangat mudah. Kesulitannya??
    - Celah yang tersedia hanya "pas" untuk 1-2 kali kita menyentuh layar smartphone. Apabila kita tidak memiliki reflek yang baik dan feeling yang bagus saat menekan burung flappy, burung tersebut akan menyentuh pipa, kemudian jatuh, kemudian mati.
    - Kebanyakan game memberi fasilitas bantuan didalamnya, tapi Flappy Bird tidak. Sama sekali tidak ada bantuan. Misal : tombol pause. Tidak adanya tombol pause memaksa para pemain untuk terus bermain tanpa henti, dan harus terus berkonsentrasi.
    - Kebanyakan game juga memberi fasilitas nyawa, Flappy Bird tidak. Sekali menyentuh pipa, burung flappy akan jatuh. Tidak hanya saat menabrak pipa, namun saat menyentuh bagian diantara celah pipa, bahkan hanya sedikit menyentuh, burung ini akan jatuh! Burung yang bodoh! Dan saat terjatuh burung ini langsung mati. Ya, GAME OVER. *PenulisTibaTibaEmosi*
    - "Hanya dengan menekan layar smartphone" memang terdengar sangat mudah, namun jika sudah bisa melewati beberapa pipa akan terasa sangat membosankan. Butuh kesabaran yang ekstra untuk dengan tenang menuntun burung flappy melewati celah-celah pipa.
    - Game ini tidak memiliki akhir yang jelas dan tidak ada level. Tidak memiliki akhir, hal tersebut secara tidak langsung membuat pemain penasaran untuk terus mencoba mengakhiri game dengan semampunya. Tidak ada level, berarti game ini memiliki tingkat kesulitan yang sama dari awal hingga akhir (pemain yang sudah mahir "flappy bird game yang mudah sejak awal", pemain belum mahir "flappy bird game yang sulit sejak awal").
  4. Skor Flappy Bird Penulis :D
    Game Over
    Momen ini bisa menjadi momen yang paling tidak disukai pemain, namun bisa juga menjadi momen yang paling membahagiakan. Pada saat game over adalah penentuan skor yang dihasilkan oleh pemain. Namun ada sesuatu yang hilang dari bagian ini. Apa itu?? Itu adalah tombol exit/keluar. Pemain tidak bisa menemukan tombol untuk keluar dari game. Hal ini sangat memaksakan pemain untuk kembali mengulang Flappy Bird. Menjadi kesulitan tersendiri untuk menolak bermain lagi dan mendapatkan skor yang lebih ttinggi lagi.
Sekian ulasan dari saya tentang Game yang menjengkelkan ini. Terimakasih sudah membacanya.
-Follow @GaliH1L010049-

1 komentar:

  1. kalo istilah game tidak memiliki level namanya apa ya????

    BalasHapus